saya mendapatkan inspirasi....Dari teman saya....bahwa Kalo kita sering membuat blog...itu sama saja kita telah mengsah otak kita

Upload ke Facebook dan Picasa Web dari Windows Live Photo Gallery

Windows Live Penggunaan software semacam Picasa atau Windows Live Photo Gallery akan memudahkan kita dalam mengatur, melihat, melakukan editing sederhana dan juga mengupload foto atau video yang tersimpan dalam komputer. Dari kekayaan fitur, menurut saya Picasa lebih unggul dibandingkan Windows Live Photo Gallery, namun untuk melakukan upload ke berbagai layanan penyimpanan foto dan video selain layanan mereka sendiri, Windows Live Photo Gallery lebih terbuka dengan ketersediaan dan kemudahan penambahan plugin agar dapat mengupload ke layanan tertentu.

Dari yang saya lihat dari menu Publish, ketika pertama kali menginstall Windows Live Photo Gallery, selain dapat digunakan untuk mengupload ke layanan Windows Live Photo, Windows Live Photo Gallery juga sudah dilengkapi fasilitas untuk dapat melakukan upload foto ke layanan Flickr. Dengan mengikuti submenu Add plugins, maka kita akan dibawa ke halaman yang berisi informasi plugin agar dapat mengupload foto atau video ke layanan lainnya, yaitu Facebook, Picasa Web Albums, YouTube, SmugMug, dan webiste yang menggunakan Drupal.

Berikut ini daftar dan informasi masing-masing plugin yang saya kutip langsung dari halaman plugins untuk Windows Live Photo Gallery.

LiveUpload to Facebook - Created by Will Duff. LiveUpload to Facebook is a plug-in for Windows Live Photo Gallery Beta that makes it easy for anyone to upload their photos to Facebook. The plug-in takes advantage of the new people tagging feature in Windows Live Photo Gallery Beta to persist your people tags onto Facebook.

LiveUpload to YouTube - Created by Will Duff. LiveUpload to YouTube is a plug-in for Windows Live Photo Gallery Beta and Windows Live Movie Maker Beta that makes it easy for anyone to upload their videos straight to YouTube.

Publish on SmugMug - Created by Omar Shahine. Publish on SmugMug is a plug-in for Photo Gallery & Movie Maker that supports publishing photos and video to the photo sharing site SmugMug.

Picasa Web Publisher - Created by Mark Steeves. Picasa Web Publisher is a publishing plugin for Photo Gallery. Picasa Web Publisher enables you to publish your photos to your Picasa Web account.

Drupal Publisher - Created by Chris Charabaruk. Drupal Publisher for Photo Gallery provides a quick and easy way to post your photos on a Drupal web site. Some experience with setting up Drupal modules may be required.

Saya sendiri baru mencoba menambahkan plugin LiveUpload to Facebook dan Picasa Web Publisher. Untuk instalasi Picasa Web Publisher agak merepotkan karena memerlukan .NET Framework 3.5, dan ketika saya mencoba mendownload .NET Framework 3.5 Service Pack 1 ternyata filenya cukup besar yaitu 231,5 MB. Untuk LiveUpload to Facebook tidak masalah karena cukup dari installer yang disediakan yang besarnya 2,63 MB.

windows-live-photo-gallery-publish

Untuk dua plugin yang saya install tersebut sudah saya coba untuk digunakan dan masing-masing dapat berjalan dengan baik.

0 komentar: