saya mendapatkan inspirasi....Dari teman saya....bahwa Kalo kita sering membuat blog...itu sama saja kita telah mengsah otak kita

Arah Pengetikkan Menjadi Terbalik pada Firefox

Tadi siang, saya sempat mengalami keanehan ketika menggunakan Mozilla Firefox yaitu saat mengetikkan sesuatu baik pada address bar, kotak pencarian, maupun pada hampir semua form-form yang ada pada halaman web. Apa yang saya ketikkan, arahnya akan terbalik menjadi disebelah kiri karakter sebelumnya. Misalnya saja ketika mengetikkan ab maka akan menjadi ba. Ketika mngetikkan http://maseko.com, maka yang akan terjadi seperti gambar di atas, tertulis moc.okesam//:ptth. Dan menurut saya waktu itu, kejadian ini terjadi tiba-tiba saja.

Saya tadinya berpikiran kalau yang terjadi disebabkan karena secara tidak sengaja saya memencet tombol shortcut pada keyboard untuk mengubah arah pengetikkan dari sebelumnya kiri ke kanan (left to right) menjadi kanan ke kiri (right to left) yaitu tombol Ctrl+Shift+X. Tetapi ketika saya mencoba menembalikannya dengan kombinasi tombol tersebut, masalah masih terjadi. Kalau saya bandingkan apa yang terjadi dengan ketika saya menggunakan tombol Ctrl+Shift+X juga berbeda, misalnya saja pada address bar, dengan shortcut ini, kursor akan berpindah ke kanan, sedangkan yang terjadi kursor tetap pada bagian kiri.

Pada bagian awal saya sebutkan bahwa masalah ini pun terjadi pada hampir semua form-form yang ada pada halaman web. Ya, ternyata memang ada salah satu halaman web pada salah satu tab yang pengetikkan pada form-nya masih bekerja normal, yaitu Facebook. Apakah ada hubungannya dengan Facebook?

Artikel pada Knowledge Base Firefox yang terkait masalah ini adalah tulisan Typed text becomes jumbled, yang menjelaskan kemungkinan penyebab mengapa pengetikkan di Firefox menjadi terbalik, yaitu:

  • Java applets
    Adanya Java applet yang terbuka pada suatu halaman web. Dengan mengupdate Java plugin akan mengatasi masalah ini pada Firefox 3.
  • Print preview
    Bug ini akan muncul ketika adanya jendela Print preview yang dibuka oleh suatu halaman. Solusinya, pastikan semua jendela Print Preview tertutup sebelum mengetik.

Saya membaca informasi tersebut setelah saya mencoba me-restart Firefox yang memang membuat Firefox kembali berjalan normal. Jika saya telusuri kembali, ada kemungkinan masalah yang menimpa saya terjadi karena penyebab pertama yaitu Java applet yang waktu itu saya sempat saya temui pada halaman uploder foto Facebook namun saya batalkan dengan mengklik link Simple Uploader. Ini saya buktikan kembali ketika saya kembali mengakses halaman upload foto di Facebook, dan ketika java applet dalam proses loading, saya mencoba mengetikkan sesuatu di address bar, dan yang terjadi arah pengetikan terbalik. Kemudian saya mencoba menunggu loading applet java tersebut selesai, dan saya temui arah pengetikkan di Firefox kembali normal.

Karena penyebab masalah sudah dapat diperkirakan, maka kini saatnya saya akan mengupdate Java plugin untuk Mozilla Firefox untuk mengatasi kemungkinan terjadinya masalah serupa.

0 komentar: