saya mendapatkan inspirasi....Dari teman saya....bahwa Kalo kita sering membuat blog...itu sama saja kita telah mengsah otak kita

Mengelola Koleksi CD/DVD

Saya memiliki cukup banyak CD/DVD yang kebanyakan berisi koleksi program baik bonus majalah maupun backup hasil download. Beberapa CD berisi koleksi lagu-lagu berformat mp3. Ada niatan untuk menertibkan koleksi-koleksi tersebut, masalahnya saya seringkali kesusahan mencari suatu file yang saya yakin ada di antara CD/DVD tersebut, tetapi saya bingung CD/DVD mana pastinya. Memasukan dan mengeluarkan CD/DVD dan kemudian menggunakan fasilitas pencarian menjadikan satu-satunya cara untuk menemukannya. Ke depannya, saya akan mengubah kebiasaan ini.

Memberi label lokasi penyimpanan

CD/DVD ini saya simpan pada tempat CD case dengan berbagai bentuk dn warna. Secara fisik, saya sudah terbiasa membedakan antara tempat yang satu dengan yang lain, tetapi agar lebih memudahkan, terutama ketika orang lain yang akan mengambilnya, saya sudah memberi label dengan spidol “Case001″, “Case002″, dan seterusnya.

Memberi label pada cakram CD/DVD

Terutama CD/DVD hasil burning, banyak keping CD/DVD tersebut mempunyai bentuk yang sama, atau mempunyai label tetapi hanya pembeda pada saat burning saja, misalnya “#1″, “#2″, dan sebagainya, sehingga ketika digabungkan dengan keping-keping yang lain dan dengan berjalannya waktu, beberapa keping sulit dibedakan secara fisik. Untuk ini, –dan masih dilakukan, saya menggunakan spidol dengan memberi label “CD-PR-001″, “CD-MU-001″ dan sebagainya. Penggunaan spidol saya anggap cara tercepat dibandingkan dengan mengeprint label CD/DVD, selain berbiaya lebih murah. Beberapa keping memerlukan kertas sticker karena warna kepingan hitam seperti warna spidol yang saya gunakan.

Mengindeks Isi CD/DVD

Ini merupakan proses mengindeks isi dari setiap keping CD/DVD dengan bantuan software, meliputi struktur direktori dan filenya. Untuk ini, saya menggunakan Disc Libarary (Disclib), karena freeware yang satu ini mempunyai fasilitas yang cukup baik untuk keperluan ini. Masing-masing CD selain memuat informasi labelnya, juga dapat dikategorikan dan diberi informasi lokasi fisiknya dan komentar. Pengkategorian juga dapat dilakukan untuk file dan folder yang ada dalam suatu keping CD/DVD.

disclib

Kegiatan mengindeks ini saya lakukan bersamaan dengan pemberian label pada keping CD/DVD yang memerlukan, dan ini saya lakukan secara bertahap ketika ada waktu luang atau ketika menggunakan keping-keping CD/DVD tersebut.

Kalau saja saya dapat melakukan kegiatan tersebut secara konsisten, ketika mencari suatu file, saya cukup mencari melalui fasilitas pencarian Disclib, dan dari sana saya akan memperoleh informasi label CD/DVD dan pada CD case mana saya menyimpannya.

0 komentar: